Senin, 17 Agustus 2020

Roti Gambang Masuk Dalam Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

Roti Gambang | CNN

Triple J | Kuliner Indonesia kembali masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Kini giliran Roti Gambang yang masuk dalam daftar 50 roti terenak di dunia versi CNN.


Dilansir dari CNN pada hari Jumat 18 Oktober 2019, roti gambang masuk daftar “50 of the world’s best breads”. Roti khas Betawi tersebut disandingkan dengan sejumlah roti dari banyak negara di dunia.

Roti Gambang merupakan makanan khas Betawi. Nama Gambang diambil dari sebuah instrumen tradisional Indonesia yang bentuknya mirip dengan roti yang berwarna coklat ramping itu. Di Betawi disebut dengan Gambang Kromong, alat musik ini memadukan gamelan dengan alat musik asal China.

Resep roti ini sudah ada sejak era kolonial, dimana kue tersebut terinspirasi dari kue berbumbu hingga stik keju yang ditaburi Gouda atau Edam namun disesuaikan dengan bahan-bahan dan selera masyarakat Lokal.

Roti gambang kaya akan nilai sejarah yang menemani perjuangan melawan penjajah. Roti ini banyak mengadopsi teknik dan pembuatan dari Belanda.

Roti ini terbuat dari gula merah yang lebih mudah didapatkan di Indonesia ketika itu dan membuatnya menjadi kecokelatan. Kayu manis yang juga berlimpah ditambahkan untuk memberikan aroma yang lezat.  Wijen dibubuhkan di atas roti sebagai pemanis.


Silakan Klik
Lengkapi Kebutuhan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar